Wednesday, May 20, 2009

Tips Financial Edisi Mei

Bagaimana keungan anda bulan lalu? Adakah peningkatan? Baiklah, di bulan yang kelima ini, saya ingin melanjutkan tips financial bagi kita, semoga dapat bermanfaat.
Hingga hari setelah pelantikan Obama, perekonomian dunia masih belum juga stabil, lalu bagaimana jika tetap demikian? Ada baiknya kita meninjau hal-hal kecil berikut :
  1. Bagi anda yang tinggal di kota/daerah yang kecil, jangan memaksakan aktifitas perbankan anda di kota besar. Hal ini terasa menambah beban keuangan anda dan efisiensi waktu jadi berkurang. Usahakan agar setiap transaksi yang menunjang usaha dan bisnis kita jadi terasa dekat dan tak susah untuk mengaksesnya.
  2. Acapkali orang terjebak utang dan terbelenggu olehnya. Mengapa, karena banyak program-program yang sejalan dengan keinginan mata kita untuk berbelanja dengan syarat kredit yang mudah. Baiknya kita berfikir empat kali sebelum memutuskan untuk berbelanja dengan sistem tersebut.
  3. Modal kecil bukan hambatan untuk memulai bisnis, banyak bisnis yang bisa berhasil hanya dengan modal dibawah 25 juta. Sebut saja bisnis laundry, warung mie dan kopi hingga bertrading forex. hanya saja dibutuhkan ketekunan dan kesabaran.
  4. Berhati-hatilah ketika anda menaikkan gaya hidup, sebab bisa saja penghasilan menurun sewaktu-waktu. Dan ketahuilah, bahwa lebih sulit mengurang pengeluaran ketimbang menaikkan pemasukan. Jadi perhatikan, perhitungkan dan pertimbangkanlah.

No comments: